Selasa, 31 Desember 2013

Perkembangan IT Di Sekitar Kehidupan Manusia


Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem dimana sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
Dari definisi di atas, dapat di simpulkan bahwa masyarakat merupakan sekelompok orang yang hidup bersama, berinteraksi dengan individu-individu lain, dan saling tergantung satu sama lain. Di sini kita dapat menyatakan bahwa manusia sebagai makhluk sosial, sangat memerulukan bantuan dari orang lain dan di tuntut untuk menjalin komunikasi dengan baik satu sama lain.
Keadaan masyarakat pada era globalisasi sekarang ini, cenderung tidak dapat di pisahkan dengan teknologi informasi yang ada. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, memudahkan masyarakat dalam menjalin hubungan secara global. Karena teknologi yang cukup canggih saat ini, sudah memungkinkan masyarakat untuk merambah dunia internasional dengan adanya fitur-fitur penunjang komunikasi.



> Hubungan Masyarakat Seiring dengan Berkembangnya Teknologi Informasi

     
Akibat perkembangan teknologi informasi yang ada, keadaan sosial masyarakat mengalami perubahan. Tetapi masih terdapat kesenjangan yang terjadi pada masyarakat di daerah terpencil. Masyarakat di kota-kota besar sangat mudah untuk mengakses berbagai informasi yang ada melalui internet. Sedangkan pada masyarakat pedesaan cenderung susah untuk mendapatkan informasi dari dunia maya. Tetapi bila di lihat secara keseluruhan, tentunya perkembangan teknologi informasi ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat kebanyakan.
      Contohnya pada aspek kehidupan masyarakat. Dengan adanya kemudahan yang di berikan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, masyarakat dari berbagai tingkatan dapat merasakan kemudahan yang di berikan. Beberapa contoh aktivitas masyarakat yang di mudahkan dengan penggunaan teknologi informasi:
-  Bidang Perbankan:
a. Menggunakan sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit, dan debit). Melakukan transaksi melalui ATM menjadi hal yang sangat berguna bagi seluruh lapisan masyarakat
b. Pembayaran tagihan secara online. Memudahkan masyarakat untuk membayarkan tagihan-tagihan. Dan lagi ini merupakan penghematan terhadap waktu, karena tidak perlu repot-repot untuk datang langsung ke tempatnya.
-  Bidang Perdagangan:
c. Adanya e-commerce, yaitu pembelian ataupun penjualan barang secara online.

> Apakah masyarakat sekarang sudah termasuk TI

    Kebanyakan masyarakat jaman sekarang sudah menggantungkan kehidupannya kepada TI. Sehingga kebiasaan sehari - hari tidak bisa terlepasdari gadget ato perangkat lainnya yang terhubung dengan koneksi internet untuk mengetahui informasi terbaru. Namun masih banyak masyarakat jaman sekarang yang belum mengenal TI yang sebenarnya dan menyesuaikan dengan kebutuhannya sehari - hari (atau bisa dibilang hanya sekedar gaya - gayaan saja). Nah masyarakat yang seperti ini jika dilihat pola kehidupannya seperti anak autis yang kadang tidak peduli dengan lingkungan sekitar dan hanya fokus kepada gadgetnya saja.

> Solusi Pemerintah Guna Mencapai Masyarakat Yabg Berkembang dan Maju Khususnya Perkembangan Di Dunia TI

Kendala yang ditemui dalam Pemberdayaan Masyarakat & solusinya
Beberapa kendala yang ditemui dalam proses Pemberdayaan Masyarakat dengan memanfaatkan Teknologi Informasi antara lain:

1. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya informasi dan teknologi informasi di dalam kehidupan masa kini.
2. Sikap terhadap teknologi informasi belum positif, masyarakat terbiasa hanya sebagai penerima informasi   bukan sebagai pengolahnya.
3. Penggunaan teknologi informasi belum merata dan mengakar dalam kehidupan masyarakat.
4. Penerapan budaya informasi belum didorong oleh pelembagaan atau kebijakan nasional.

Untuk mengatasi beberapa kendala di atas, agar layanan informasi yang dilakukan oleh pemerintah dapat lebih berguna bagi upaya untuk memberdayakan masyarakat, maka dapat dilakukan beberapa langkah yaitu:

1. Menentukan konsep nasional mengenai masyarakat informasi Indonesia yang diinginkan, dengan mempertimbangkan perkembangan masyarakat dan budaya sendiri ke masa depan tanpa melepaskan diri dari negara maju. Kebijakan yang menjadi pegangan dalam pemilihan, penerapan, dan pembudayaan teknologi secara luas, termasuk pendidikan dan sebagainya.
2. Meningkatkan kesadaran berinformasi dan sikap yang positif terhadap informasi dalam segala bidang, yang menjadi dasar bagi pembudayaan teknologi informasi. Memberi prioritas kepada institusi/pranata yang strategis untuk menunjang pembentukan masyarakat informasi.
3. Merubah citra teknologi dan teknologi informasi, sehingga dapat diterima dengan wajar dan akrab oleh pemakai yang lebih luas dan masyarakat umum Indonesia.



Reff :
http://yusriyauya.wordpress.com/2013/01/17/dampak-it-dalam-kehidupan-sosial/

http://carakata.org/manfaat-it/

http://fadhilahriswan.blogspot.com/2013/01/hubungan-tehnik-informatika-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar